fungsi menu dan ikon pada microsoft excel

fungsi menu dan ikon pada microsoft excel- microsoft excel adalah bagian dari program micorosoft office. program microsoft excel berfngsi sebagai  pengolah data. pada menu yang terdapat pda microsoft excel memiliki fungsi masing-masing.

pada kesempatan kali ini admin akan membahas tentang fungsi dan menu icon yang terdapat pada microsoft excel dan saya juga menyertakan gambar sebagai penjelasan lebih lengkapnya. berikut ini adalah menu dan ikon yang terdapat pada microsoft excel serta fungsinya.

Menu dan Icon Pada Microsoft Excel

Quick Acces Menu
Quick Access Menu berisi ikon – ikon yang bisa anda akses secara langsung, hanya dengan satu langkah saja, contonya adalah save, new document, open file, quick print dan lain sebagainya, sesuai dengan kemauan anda masing, ikon – ikon trsebut yang terdapat pada menu cepat ini bisa anda tambah dan bisa juga anda hilangkah.



Tab Menu

Tab Menu, yaitu merupakan beberapa menu induk yang membawahi banyak menu, yang kita sebutkan dengan Ribbon menu, di Tab Menu ini anda bisa melihat ada pengaturan layout, data, insert dan lain-lain.

Home
Terdapat beberapa  kelompok menu turunan yang berada pada Tab Menu (Home), Marka kita akan bahas satu persatu dengan  penjelasan yang cukup singkat dan juga secara detail.


Font
Sesuai dengan nama kelompok menu (Font), berisikan ikon – ikon yang berfungsi untuk pengaruran pada Font atau tulisan, mengatur jenis huruf, ukuran (size), karakter (Bold. Italic, Underline) hingga mengatur warna huruf.

Clipboard
pada Microsoft Word dan juga  Excel juga terdapat Clipboard yang fungsinya adalah untuk mengcopy, Cut, dan paste, fungsi ini juga dapat anda munculkan pada Acces menu untuk kemudahan penggunaan.

Number
Pada menu ini terdapat beberapa ikon gambar yang memiliki fungsi berhubungan dengan pengaturan number/nomor yang ada pada microsoft excel anda dapat merubah angka menjadi text (huruf), prosestase dan lain sebagainya.





di sini anda juga ada menu (Alignment), yang berisikan ikon – ikon pengaturan alignment text seperti rata kanan, rata tengah, text atas, tengah dan bawah. Kemudian juga ada menu merge & center untuk menggabungkan dua (cel), di Microsoft Excel.


Style
pada menu Style berisi beberapa ikon menu yang memiliki hubungan dengan style seperti format tabel, Cell style dan kondisional format.


Cells
Pada menu Cells ini berisi beberapa menu untuk mengatur Cell pada lembar kerja yang ada di Microsoft Excel yaitu Format Cells, Delate dan juga untuk menambahkan Cells.

Pada menu kelompok Editing berisi menu Edit seperti filter dan Sortir dimana kita bisa memfilter dan mensortir isi dari kolom pada cel yang beradal di Microsoft Excel.


Selain itu ada juga terdapat Auto Sum, dimana anda bisa langsung menjumlahkan beberapa Cell dengan hanya melakukan perintah klik menu Auto Sum. Itu tadi deretan menu- menu atau ikon yang berada di Tab Menu (Home), kita akan lanjutkan pembahsan fungsi icon-icon pada microsoft excel  beserta gambarnya yang ada pada menu Tab (Insert).

Insert
menu ini memiliki fungsi untuk melakukan input atau inport, dan bisa juga dikatakan untuk membuat berbagai macam komponen seperti tabel, memasukan gambar, chart dan lain sebagainya. Berikut fungsi menu bar pada microsoft excel yang ada di Tab Menu insert.


Table
Pada kelompok menu table terdapat dua ikon tabel dan pivot table, dua menu tersebut berfungsi untuk melakukan pengaturan pada tabel di Excel.

Ilustrations
Ilustrations pada Microsoft Excel berfungsi untuk  menambahkan Picture, Clip Art, Shapes dengan menu insert dengan menggukanakan llustrations.

Chart
Chart berfungsi Membuat grafik, diagram batang, diagram lingkaran sangat mudah dengan menggunakan menu Insert Chart yang memiliki desain dan yang layout lengkap.



Hiperlink
Berfungsi untuk memasukan Link baik secara online dengan jaringan internet atau offline (lokal) file lain yang ada pada komputer anda sendiri.

Text
Text berfungsi untuk memasukkan beberapa fungsi text pada Microsoft Excel seperti Symbol, Objek, Word Art hingga Header dan Footer.

Page Layout
pada tab menu Page Layout, terdapat berbagai menu – menu pada Page Layout ini diantaranya pengaturan pada ukuran kertas, margin, print area kemudian thema dan banyak lagi.

Themes
Menu ini berfungsi untuk mengatur Tema. Bukan hanya pada tampilan melainkan banyak pengaturan – pengaturan lainnya, coba saja anda pilih salah satu dari themes yang ada, anda akan mengetahui dimana letak perubahannya.

Page Setup
pada menu ini, page Setup berisi menu – menu yang memiliki fungsi untuk mengatur kertas kerja seperti ukuran kertas atau jenis kertas, margin penulisan dan juga orientasi (landscape / Portrait).
Scale to Fit
Menu ini berfungsi untuk mengatur scala pada cell, yaitu mengatur lebar kolom dan tinggi kolom ketika terdapat tulisan di dalamnya, lebar akan disesuaikan dengan tulisan secara otomatis atau bisa diatur dengan cara manual.

Arrange
Formula
Menu Formula, yang berisi banyak sekali ikon- ikon yang hampir semuanya berkaitan dengan Formula atau rumus – rumus.
Disini juga anda bisa melihat ada menu (Function Library) dimana kita bisa mencari fungsi perhitungan yang kita lupa atau bisa kita masukkan secara langsung dari menu tersebut, dan beberapa menu lainnya yang berfungsi untuk pengaturan dan penyusunan formula


Data
Pada Tab Menu “Data” berisi pengaturan–pengaturan untuk mengolah data, seperti diantaranya untuk melakukan sortir dan filter data, kemudian text to colom yaitu untuk memisahkan atau menggabungkan kolom yang telah berisi data-data. Dan masih banyak lagi yang semuanya berhubungan dengan data – data yang ada pada pada microsoft Excel.

Review
Pada menu Review anda bisa melakukan pengecekan terhadap Speling, kemudian menambahkan komentar dan juga anda bisa melakukan proteksi pada Workbook.

View
Di Tab menu (View) ada berbagai macam pengaturan diantaranya untuk mengatur View atau tampilan lembar kerja, menampilkan atau menyembunyikan beberapa jenis menu – menu seperti ruler, formula bar dan lain sebagainya.

Di menu ini ada juga Freeze dimana kita bisa memotong salah satu kolom untuk tetap ditampilkan ketika lembar kerja kita digeser. Dan masih banyak pengaturan lainnya yang ada pada menu tersebut.

Office Buton
Menu Office Buton,  yang berada pada pojok sebelah kiri atas. Dari sini kita dapat mengakses berbagai menu standar seperti Info, New, Open Dokumen, Save, juga ada perintah printing.

Scroll Bar
Pada Microsoft Excel dilengkapi dengan Scoll Bar untuk memudahkan anda mengakses halaman yang sudah kita lampaui, dan ada juga zoom mode, dan pengaturan tampilan lembar kerja.


baca juga :bagi anda yang suka traveling silahkan mampir ke situs visitgoid disini anda akan mendapatkan informasi tentang tempat-tempat wisata alam, wisata kuliner, wisata budaya dan masih banyak lagi silahkan klik DISINI

sekian dari saya tentang fungsi menu dan ikon pada microsoft excel semoga bermanfaat dan dapat membantu anda di akhir postingan saya mengupkan Terimakasih......

Belum ada Komentar untuk "fungsi menu dan ikon pada microsoft excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel