Penyebab Dan Cara mengatasi touchpad yang tidak berfungsi

Cara mengatasi kursor yang tidak berfungsi- Touchpad merupakan salah satu kompoten yang memiliki peran penting pada laptop kita. Sebagai pengganti peran mouse, touchpad memberikan kemudahan setiap pengguna laptop untuk mengklik suatu aplikasi atau file apapun. Maka dari itu pada saat touchpad mengalami gangguan yang membuat tidak Touchpad tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya, pasti Anda akan merasa terganggu kenyamanannya  dalam melakukan kegiatan komputasi.

mungkin Anda bingun mengapa tiba-tiba kursor laptop Anda tak berfungsi, Tak perlu buru-buru panik kerana semua punya solusi untuk menyelesaikan masalah seperti ini. Mungkin beberapa cara ini bisa Anda coba untuk mengatasi touchpad laptop yang bermasalah.

touchpad  yang tidak berfungsi

Touchpad Tidak Sengaja Dinonaktifkan

Penyebab paling umum tidak berfungsinya touchpad laptop. Biasanya, di beberapa laptop ada tombol  yang menjadi kombinasi agar bisa mengaktifkan kembali touchpad yang mati yaitu dengan tombol F6, Fn + F5, atau Fn+F6.

Cara lain untuk mengaktifkan touchpad adalah:
Masuk ke Start Menu (Logo windows)
Ketik Mouse untuk membuka
Anda akan menemukan Device Setting
Aktifkan tampilan touchpad ketika menemukan touchpad yang tidak aktif

Bagi Anda yang pengguna Windows 10 dan tidak bisa menemukan opsi diatas, bisa menggunakan langkah ini:
Pergi ke Start >Setting > Devices > Mouse and Touchpad
Perhatikan pilihan yang ada pada bagian bawah
Klik Additional Mouse Options
Mouse Properties akan muncul
Klik kanan
Akan muncul Device Settings
Perhatikan aktif atau tidaknya
Jika tidak aktif, segera aktifkan dengan fitur yang telah disediakan oleh windos

Jika kedua cara yang di atas tetap tidak bisa memberikan hasil sesuai harapan, maka hal yang bisa Anda lakuan adalah memperbaiki langsung ke service center. Apalagi kalau laptop Anda masih dalam masa garansi.

Mengapa? Karena jikalau cara-cara diatas tidak berhasil, hampir bisa dipastikan touchpad Anda mengalami masalah hardware. Berbeda dengan keyboard yang tidak berfungsi, menukar touchpad dengan laptop lain untuk menguji letak kerusakannya sangat sulit, dan tidak disarankan karena malah bisa merusak bagian yang lain.

Touchpad Tidak Berfungsi Karena Software Mouse

Kalau Anda menggunakan mouse di laptop, Ada kemungkinan  juga menginstal software yang datang dengan mouse itu. Namun, meskipun dibutuhkan oleh mouse, mouse juga bisa jadi penyebab touchpad yang tidak berfungsi.

Lalu bagaimana cara kita mengatasinya? Anda hanya perlu uninstall saja software tersebut. Berikut tutorialnya:

Tekan tombol Logo Windows
Ketik Device Manager dan pilih aplikasi yang sesuai
Klik panah di sebelah kiri Mice and Other Pointing Devices
Klik kanan pada software yang muncul dibawahnya
Klik Uninstall
Restart laptop

Update atau install driver

Jika Anda melakukan install ulang laptop, semua driver yang ada di dalam laptop akan ikut hilang. hal ini kemungkinan besar dapat membuat touchpad kita tidak berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, kunjungi situs produsen laptop kamu untuk mencari instalasi driver touchpad yang sesuai. Biasanya, produsen besar menyediakan unduhan driver secara gratis untuk mengurangi risiko eror. Jika tidak, Anda juga bisa mendatangi pusat servis resmi untuk melakukan update driver untuk touchpad.

itulah tentang Penyebab Dan Cara mengatasi touchpad  yang tidak berfungsi yang dapat saya bagikan kepada Anda semoga postingan ini bermanfaat dan dapat membantu Terimakasih.....

Belum ada Komentar untuk "Penyebab Dan Cara mengatasi touchpad yang tidak berfungsi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel