perbedaan RGB dan CMYK di ilmu desaingrafis

perbedaan RGB dan CMYK di ilmu desaingrafis-Akhir-akhir Admin sedang memperdalam ilmu desain grafis. Dalam dunia Desaingrafis Anda pasti pernah mendengarkan istilah dari  RGB dan CMYK jika Anda adalah seorang desainer atau sedang mengeluti dunia desain pasti tidak akan asing dengan kedua warna tersebut.

Penggunaan rgb maupun cmyk sering tidak tepat sasaran karena tidak memahami kedua model warna ini maka dari artikel ini Admin akan mencoba untuk menjelaskan apa perbedaan dari rgb dan cmyk di dunia desian. untuk lebih memahaminya silah anda baca artikel ini sampai tuntas.



Apa itu RGB?
RGB merupakan singkatan dari read-green-blue artinya yang terdiri dari tiga kombinasi warna merah, biru, dan biru. dimana ketiga warna tersebut di katakan sebagai warna proses. Hal ini di karenakan warna yang lainnya terbentuk dari ketiga warna ini lewat intensitas cahaya dan penyempurnaan warna.

Apa itu CMYK?
CMYK adalah C=Cyan, M=Magenta, Y=Yellow, k=black adalah warna yang di tampilkan dari pantulan cahaya atau sering kali disebutkan dengan istilah substractive color. pengertian sederhananya adalah warna yang di lihat dari mata bukanlah warna yang ada pada benda melainkan cahaya yang memantul dari benda tersebut.

Bagaimana Cara Kerja Warna RGB?
cara kerja dari warna RGB, Anda bisa membayangkan dengan sebuah cahaya lampu yang aslinya memiliki warna putih. Kemudian didepan lampu tersebut diletakkan kaca berwarna warna biru. Dengan demikian warna cahaya lampu putih pada lampu akan berubah menjadi biru.

Sistem warna RGB biasanya digunakan untuk tampilan yang bersifat digital seperti layar televisi, kamera video, layar monitor, dan lain sebagainya. Sistem dari warna RGB tidak dapat digunakan dalam media cetak, sebab hasil ahirnya akan meleset. Warna hasil cetak dengan menggunakan sistem RGB tidak akan sama dengan warna yang ditampilkan di layar monitor.


Bagaimana Cara Kerja Warna CMYK?
Sistem warna dari CMYK biasanya dimanfaatkan di dalam media cetak seperti mencetak undangan, banner, brosur, baliho, spanduk, dan sejenisnya. Hal ini dikarenakan hasilnya lebih optimal dibandingkan menggunakan sistem warna RGB. Ditambah lagi jumlah warna yang dicampur pada sistem warna CMYK kaya akan warna dan bisa memenuhi keragaman warna yang diperlukan.

kesimpulan : dari kedua moedl warna tersebut adalah, warna RGB digunakan untuk media digital sedangkan untuk warna CMYK digunakan untuk media cetak

Baca juga :bagi anda yang suka traveling silahkan mampir ke situs visitgoid disini anda akan mendapatkan informasi tentang tempat-tempat wisata alam, wisata kuliner, wisata budaya dan masih banyak lagi silahkan klik DISINI

itulah penjelasan tentang RGB dan CMYK yang dapat Admin bagikan kepada Anda supaya tidak ada kesalahan dalam pemilihan warna Terimakasih.... 

Belum ada Komentar untuk "perbedaan RGB dan CMYK di ilmu desaingrafis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel