pengaruh media sosial dalam bisnis

pengaruh media sosial dalam bisnis- media sosial berperan sangat besar dalam kemajuan bisnis saat ini. Namun, akan sangat penting bagi Anda yang akan sedang  menjalankan bisnis dengan media sosial untuk mempelajari terlebih dulu, apa saja  dampak media sosial bagi bisnis Anda nantinya. pada postingan sebelumnya saya telah membahas pengaruh media sosial bagi kehidupan.

pengertian media sosial

Media sosial merupakan sebuah platform yang sangat populer untuk pemasaran bisnis. Bahkan, pemasaran melalui media sosial menjadi aktivitas yang sudah sangat umum terutama di negara kita Indonesia. Membahas soal dampak media sosial, Anda juga perlu memahami strategi Social Media Marketing yang berkaitan erat dengan keberhasilan marketing digital. Supaya terhindar dari dampak media sosial yang merugikan bisnis yang sedang kita geluti, berikut ini adalah beberapa pengaruh media sosial pada bisnis.

pengaruh media sosial

1. Dapat Membantu Meningkatkan Traffic

Sebuah website bisnis memerlukan traffic yang bagus agar bisnis  dapat berkembang dan lebih banyak lagi mendapatkan keuntungan. Salah satu dampak dari media sosial yang menguntungkan adalah mampu memberikan traffic ke website bisnis seiring dengan berjalannya waktu, sebab traffic website akan terus meningkat. Dengan semakin banyak yang mengunjungi website Anda, maka akan semakin baik pula kinerja website Anda.

Dengan meningkatkan traffic  di karenakan dampak media sosial, maka bisnis berkembang dengan cepat. Bisnis yang berbasis online sangat membutuhkan traffic untuk mendapatkan keuntungan. Dengan semakin banyak user yang mengunjungi website, maka secara otomatis bisnis dapat berkembang baik dan dengan mudah dikenal.

2. Mempromosikan Brand Anda dengan Lebih Mudah

Saat ini bisnis berbasis online sangat pesat perkembangnya ketika brand Anda dikenal secara luas ketika mempromosikannya melalui sosial media. Terdapat banyak teknik yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan platform sosial media untuk meningkatkan personal brand bisnis Anda. Mengapa sangat penting untuk mempromosikan brand Anda? Sebuah perusahaan telah dianggap berhasil jika brand mereka dikenal oleh banyak orang. Brand itu sendiri diperlukan untuk transaksi bisnis jangka panjang. Sebuah brand juga penting agar bisnis Anda berkembang dengan pesat. Bisnis tidak bisa berjalan dengan baik tanpa memiliki sebuah brand.

3. Keunggulan Kompetitif

perusahaan yang aktif dalam satu atau lebih saluran media sosial ternyata memiliki kemampuan untuk mendengarkan pesan pesaing. Jadi, salah satu dampak media sosial bagi bisnis adalah memungkinkan perusahaan untuk mengembangkan strategi dan teknik bisnis yang secara langsung melawan inisiatif pesaing. Keadaan ini akan membantu perusahaan Anda akan mendapatkan keunggulan yang lebih kompetitif.

4. Lebih Dekat dengan Konsumen

Media sosial merupakan sebuah sarana yang sesuai untuk menciptakan hubungan yang baik dengan konsumen. Jika dulu, hubungan produsen dan konsumen cenderung setelah terjadi transaksi, maka dampak media sosial telah mengubah hubungan yang dibangun sebelum, pada saat, dan setelah konsumen menggunakan produk atau jasa.

Jika Sebelum komsumen  bertanya lebih lanjut mengenai suatu produk, konsumen akan melakukan sebuah riset terlebih dahulu dengan melihat konten-konten di media sosial yang digunakan. Selanjutnya, konsumen kemungkinan akan bertanya mengenai informasi lebih lanjut dari produk yang diinginkan. Dan pada tahap akhir, setelah konsumen menggunakan produk, konsumen dapat berkomentar atau memberikan feedback dari produk yang telah digunakan.

Komunikasi semacam ini hanya bisa dilakukan melalui media sosial, dan mengubah gaya komunikasi pemasaran konvensional. Selanjutnya, pebisnis akan lebih dekat dengan konsumen serta menjalin hubungan secara berkepanjangan.

5. Sosial Media Lebih Mudah untuk Dikelola

Hal yang terpenting dalam menggunakan sosial media adalah platform ini dapat lebih mudah digunakan. Anda dapat menggunakan jasa penyedia layanan sehingga Anda dapat melakukan pekerjaan dengan lebih mudah. Sebagai alternatif, Anda dapat memutuskan untuk melakukan promosi atau campaign Anda sendiri. Dalam hal ini, Anda perlu merencanakan untuk menginvestasikan waktu yang cukup dalam pemasaran sosial media. 

Memang biaya yang dibutuhkan dalam melakukan campaign pemasaran media sosial tidak terlalu besar, namun investasi waktu diperlukan. Jika Anda tidak dapat menginvestasikan waktu secara memadai untuk memasarkan bisnis Anda maka Anda harus mencari bantuan dari para penyedia layanan profesional.

6. Konsumen Lebih Tertarget

Sosial media seperti Facebook dan Twitter memiliki perangkat pendukung yang membantu Anda untuk menyajikan informasi yang sesuai bagi konsumen sehingga Anda dengan mudah untuk mencari konsumen lebih efektif dan tertarget.

7. biaya lebih terjangkau 

jika Anda memilki bisnis tapi tak memiliki modal untuk membangun sebuag too maka media sosial adalah solusinya Anda tak perlu membangun sebuah toko cukup dengan modal Hp dan kouta internet. Mungkin Anda bingung apa yang saya maksud baiklah akan saya jabarkan alasannya anda hanya perlu memiliki beberapa akun media sosial seperti facebook, instagram, twitter dan lain-lain. Pada Akun media sosial Anda hanya perlu memposting tentang bisnis Anda.

Itulah 7 pengaruh media sosial dalam bisnis semoga postingan ini dapat membantu Anda para pebisnis atau Anda yang sedang membangun sebauh bisnis, Semoga postingan ini dapat membantu Terimakasih.....

Belum ada Komentar untuk "pengaruh media sosial dalam bisnis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel