8 Langkah Belajar Microsoft Word Bagi Pemula

8 Langkah Belajar Microsoft Word Bagi Pemula-Microsoft word adalah salah satu software pengolah kata yang dapat anda gunakan untuk membuat surat, proposal, membuat jurnal, membuat skripsi, membuat makalah ,membuat sertifikat dan membuat dokumen penting lainnya. Bagi anda yang baru mengenal microsoft word sangat perlu mengetahui dasar-dasar bagaimana cara mengoperasikan microsfot word agar anda lebih cepat mahir dalam mengoperasikan software ini. 

Untuk belajar microsoft word dari awal saya  akan membagikan beberapa cara untuk anda, pada artikel ini saya akan menjelaskan secara rinci kepada anda.


Belajar Dasar-dasar Microsoft Word

Hal yang paling mendasar yang harus anda ketahui dalam belajar microsoft word adalah bagaimena membuka microsoft word. untuk membuka microsoft word pada komputer atau laptop perhatikan langkah-langkah dibawah 
Belajar Microsoft Word

1. Cara Membuka Microsoft Word

Untuk membuka microsoft word pada komputer atau laptop anda adalah sebagau berikut. klik start, pada search programs and files ketik pada kotak pencaharian Microsft Word.


2. Mengetahui Bagian-bagian Microsft Word

Setelah anda mengetahui cara membuka microsoft word langkah selanjutnya adalah mengetahui bagian-bagian Microsoft Word . Secara umum ada Sebelas bagian microsoft word yang harus ada ketahui, adapun kesebelas bagian yang kami maksud adalah Sebagai berikut :

Title Bar
Quick Access Toolbar
Ribbon Display Option
Kontrol Jendela
Menu Bar
Ribbon Menu
Dokumen Area
Scroll Vertical dan Horizontal
Zoom
Tool View
Status Bar

3. Membuat Lembar Kerja Baru Pada Microsoft Word

Membuat lembar kerja baru pada microsoft word merupakan langkah yang paling dasar yang harus di ketahui ini sangat penting dalam mebuat dokumen atau mengedit dokumen, jika ingin membuat lembar kerja baru dengan cara mengklik menu file, new, Blank document.

4. Mengatur Page Setup dan Margin

Page Setup atau pengaturan halaman, yang kita gunakan  untuk mengatur bentuk halaman dimana kita akan membuat dokumen. Dalam mengaturnya, kita akan menggunakan satuan yang sebelumnya kita atur menjadi centimeter. Dalam mengatur ukuran halaman atau dokumen, ada istilah yang dinamakan Margin, dimana kita bisa mengatur jumlah jarak yang di butuhkan dari ujung halaman hingga isi dokumennya.

5. Mengatur Jenis Font dan Font Size

Mengubah jenis font pada  Microsoft Word, ada ketentuan jenis font dan ukurannya yang bisa kita buat agar format tulisan yang kita buat sesuai dengan keinginan kita. Selain itu, cara ini juga harus dilakukan ketika Anda hendak menulis bahasa Arab, karena ada pengaturan tersendiri agar hasilnya rapi. 

Untuk mengubah ukuran font, Anda bisa mengaturnya melalui angka yang ada di sebelah kanan kolom font. Silahkan ubah ukuran sesuai kebutuhan Anda. Untuk mengubah font pada Ms Word, Anda masuk ke menu Home > lalu klik pada bagian yang ada logo teks dan angka ganti font sesuai kebutuhan.


6. Menyalin atau menempel teks

Menyalin atau menempel teks dilakukan untuk membuat duplikat teks dari teks yang sudah Anda ketik sebelumnya, dengan cara sebagai berikut:
"Pilih atau seleksi teks yang ingin Anda copy"
"Klik perintah Copy pada tab HOME (Anda juga dapat melakukannya dengan menggunakan klik-kanan lalu pilih Copy)"
"Lalu letakkan insertion point pada tempat yang Anda inginkan"
"Klik perintah Paste pada tab HOME"


7. Mengetik Teks Pada Lembar Kerja

7. Mengatur Posisi Teks

8. Menyimpan Dokumen Baru

Menyimpan file atau Save file  merupakan menu yang digunakan untuk menyimpan dokumen baru. ketika kita membuat sebuah dokumen baru (melalui blank document) di Microsoft Word, kita  Save untuk agar apa yang kita kerjakan tersimpan di laptop kita.

Untuk cara menyimpan dokumen, Anda tinggal memilih menu File > Save > lalu cari tempat untuk menyimpannya. Selain itu, Anda juga bisa menekan tombol Icon Save Atau opsi paling mudahnya dengan menakan tombol Ctrl+S.

baca juga : bagi anda yang suka traveling silahkan mampir ke situs visitgoid disini anda akan mendapatkan informasi tentang tempat-tempat wisata alam, wisata kuliner, wisata budaya dan masih banyak lagi silahkan klik DISINI

itulah tentang 8  Langkah Belajar Microsoft Word Bagi Pemula yang dapat saya bagikan kepada Anda semoga postingan ini bermafaat dan dapat membantu Terimakasih......

Belum ada Komentar untuk "8 Langkah Belajar Microsoft Word Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel