tips agar sukses bisnis online

Tips agar sukses bisnis online-pada era digital sekarang ini sangat besar bagi kita untuk memulai berbisnis online apalagi kita yang telah memahami media sosial peluang kita untuk berbisnis online sangatlah besar.

bisnis online adalah salah satu jenis usaha di era modern sekarang ini, bisnis yang satu tidak memerlukan modal yang besar. bisnis online sangat berbeda dengan bisnis offline yang harus membutuhkan modal yang besar.

tak hanya itu saja di anggap lebih memberikan keuntungan sehingga banyak orang yang tertarik untuk melakukan bisnis online, karena bisnis online memiliki peluang yang bagus anda hanya perlu memikirkan cara marketing agar produk Anda cepat di kenali di dunia maya.

Namun untuk menjadi sukses di dunia bisnis online tidak semudah membalikkan telapak tangan, akan ada banyak tantangan yang bakal Anda hadapi. Belum lagi tingkat persaingan yang semakin ketat seiring dengan banyaknya orang yang serius untuk mengembangkan bisnis online mereka. 

Yang akan menjdi pertanyaan dalam benak Anda saat ingin memulai bisnis online adalah, bagaimana cara agar bisa bisa sukses  membangun bisnis semua dari 0 hingga sukses dan memiliki banyak pelanggan dan penghasilan yang besar?

1. Mulai Tentukan Produk atau Jasa

Sebelum memulai tentukan,  anda  menentukan ingin menjual produk atau jasa? Jika ingin menjual produk, tentunya anda harus mengetahui kebutuhan dan target konsumen yang akan menjadi target pasar Anda. Sebagai contoh saja, jika wanita menjadi target konsumen tentu tidak mungkin bila anda menjual jam tangan pria bukan? Selain itu, anda sebagai colon penjual juga benar-benar harus mengetahui tren terbaru sehingga apa yang Anda jual pasti memenuhi kebutuhan konsumen.

Bagaimanakah  jika ingin membuka jasa? Saya rasa ini harus disesuaikan dengan keahlian diri anda. Tanpa adanya skill tidak mungkin anda bisa mengembangkan bisnis tersebut. Sebagai contoh, jika memiliki kemampuan di bidang desain grafis, maka anda akan menawarkan diri untuk membuka jasa pembuatan logo atau banner. Jangan salah, walaupun jenis bisnis yang satu ini kurang diminati, namun bisa memiliki nilai jual yang tinggi apabila didukung dengan keahlian yang mumpuni dari penyedia jasa tersebut.

2. Tentukan Harga Terbaik

Harga menjadi salah satu faktor utama yang sangat penting akan kesusksesan sebuah bisnis. Banyak dari pebisnis yang dagangannya tidak laku karena memiliki harga yang terlalu mahal. Menjual murah pun tidak laku karena dianggap barang yang ditawarkan tidak berkualitas. jadi serba repot jadinya. Lantas bagaimana menentukan harga untuk bisnis?

Tentu antara menjual barang dan jasa berbeda penentuannya. Memerlukan riset harga yang ada di pasaran. Jangan sampai harga yang anda tawarkan terlampau jauh lebih mahal daripada harga pada umumnya. Contoh, toko lain yang sama dengan bisnis atau jasa Anda rata-rata menjual Rp 65.000 tetapi anda menjual Rp 100.000, jelas para calon konsumen akan berpikir dua kali untuk membeli ke anda. Lain halnya dengan jasa, ada hal yang membuat anda bisa memberikan harga tinggi, yaitu kualitas dari hasil jasa tersebut. Dimana ada harga, disitu juga ada kualitas!

3. Membuat Website Sendiri

Dengan memiliki website sendiri, semakin menambah nilai plus dari bisnis yang anda jalani. Hanya promosi lewat sosial media saja menurut saya tidak cukup membuat calon konsumen percaya kepada anda kita lihat saja seperti shopee, tokopedia, lazada dan berbagai market place lainnya mereka selalu melakukan promosi lewat website, iklan video, iklan banner dan berbagai macam cara mereka lakukan.  Saran saya anda harus memiliki website sendiri, tentu saja mereka menganggap bisnis anda jauh lebih profesional. Jika belum cukup dana untuk membuat dan mengembangkan website, paling tidak untuk sementara waktu membuat blog terlebih dahulu dengan domain TLD. jika Anda ingin membuat website dari blog disini saya sudah membagikan cara-caranya https://hizto76.blogspot.com/2019/03/tutorial-cara-membuat-blog.html

bisnis online

4. Promosi Online

kalau website sudah ada, apalagi selanjutnya kalau bukan mempromosikan website bisnis. Tujuannya adalah untuk mendapatkan kunjungan/trafik ke website Anda. Anda bisa memulainya dengan memanfaatkan situs social media seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan situs social media lain yang Anda paham.

Kemudian, Anda juga bisa mulai memajang produk maupun jasa Anda di situs-situs direktori bisnis, situs forum seperti Kaskus, dan situs-situs marketplace seperti Bukalapak – Tokopedia – OLX, dll. Selain itu, untuk tingkat promosi yang lebih “advance”, yakni melalui mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing dengan teknik SEO.

Ini memang lebih teknis, karena kita harus memahami cara optimasi situs supaya bisa menduduki halaman pertama dalam suatu mesin pencari, dengan kata kunci tertentu. Namun justru dengan memahami pola SEO ini, mindset bisnis dan pemasaran online kita akan lebih tajam.

Mungkin produk Anda tidak langsung banyak peminat atau pembeli, namun ketika mereka mendapatkan informasi yang dibutuhkan, maka kepercayaan mereka akan tumbuh, sehingga kemungkinan mereka membeli produk pada Anda akan semakin besar.

Target utama dari pemanfaatan website kita, adalah terjadinya kontak pertama dengan calon konsumen.
Selanjutnya, itu terserah pada Anda. Mau pakai follow up by email, by phone, atau kunjungan langsung di tempat, silahkan di pilih.

5. Buat Deskripsi Produk yang Unik dan Menarik

Dengan membuat deskripsi produk Anda para konsumen lebih percaya terhadap produk maupun jasa yang Anda tawarkan buatlah deskripsi lengkap dari produk Anda seperti contact person, alamat, dan jenis bisni ini merukan salah satu cara menggenjot keuntungan jualan online. Hal yang nampak sepele dan remeh seperti deskripsi produk bisa juga mempengaruhi laris atau tidaknya jualan online Anda. Ya, di sini kami bicara tentang teknik persuasi. Lebih tepatnya tentang copywriting.  

Copywriting akan jadi pelengkap semua usaha promosi yang sudah Anda lakukan. Dengan kalimat promosi atau copy yang persuasif, Anda dengan mudah menjangkau sisi emosional pelanggan. Dari situ, tuntunlah pelanggan potensial ke halaman check out untuk selesaikan transaksi produk atau jasa yang Anda tawarkan.

bagi anda yang suka traveling dan ingin lebih dekat dengan alam silahkan mampir ke situs visitgoid disini anda akan mendapatkan informasi tentang tempat-tempat wisata alam, wisata kuliner, wisata budaya, Wisata mancangera dan masih banyak lagi klik link berikut ini: http://visitgoid.blogspot.com/

Itulah bebrapa tips agar sukses bisnis online dari saya semoga postingan ini memiliki manfaat bagi Anda. semoga Anda yang memilki bisnis semakin berkembang bagi Anda yang masih pemula tetap semangat saya doakan Anda sukses dalam berbisnisnya.

Belum ada Komentar untuk "tips agar sukses bisnis online"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel