perbedaan blogger dengan wordpress

perbedaan blogger dengan wordpress-Dari sekian banyaknya flatform pilihan untuk blogging, wordpress dan blogger adalah yang paling populer di kalangan para blogging. blogger dan wordpress adalah situs untuk membuat blog secara gratis. 

Perbandingan Antara WordPress dan Blogspot
sebenarnya bagi para pemula yang membuat blog lebih sering mendengarkan kata blogspot dari pada WordPress. karena yang kita ketahui secara bersama, blogspot adalah merupakan salah satu layanan google. sementara wordPress adalah sebuah layanan yang mereka sediakan sendiri yang dapat memfasilitasi para blogger sehingga mereka menuangkan ide-ide mereka kedalam sebuah tulisan (artikel) dan membagikannya ke sesama blogger.

jika kita lihat dari fungsinya, WordPress dan Blogspot memiliki kesamaan, untuk menjadi sebuah wadah blogging bagi para blogger. Selain itu, aktifitas blogging tidak sekedar untuk menyalurkan hobi menulis saja, tetapi juga bisa kita manfaatkan untuk mencari penghasilan tambahan. dengan cara mendaftarkan situs atau blog kita, ke layanan penyedia iklan contohnya, seperti Google Adsense.


Apabila situs atau blog kita sudah didaftarkan ke Google Adsense dan blog kita sudah di approve, maka Google adsense akan menempatkan banner iklan pada situs yang kita punya. jika sudah ada visitor atau pengunjung aktif kita maka dari situlah penghasilan kita.

1. Template
Hal dasar yang terlihat ketika kita menggunakan blogspot adalah dimana  kebebasan dalam mengotak atik template. Dikarenakan blogspot memiliki ekstensi HTML, jadi kita bisa rubah-rubah sesuai dengan keinginan tanpa harus menjadi seseorang yang ahli. Berbeda di saat kita menggunakan wordpress. Ekstensi yang digunakan adalah PHP. sifat dari  PHP adalah lebih pada keadaan paten dan hanya bisa dirubah oleh orang-orang yang mahir dibidang PHP.

2. Fitur
fitur yang ditawarkan oleh  blogspot dan wordpress anda akan melihat ada perbedaan yang sangat signifikan. Mengapa ?,  sudah jelas sekali bahwa fitur yang ditawarkan oleh wordpress itu sangat banyak, bahkan bisa mencapai ratusan. Fitur ini disediakan berbentuk plugin-plugin. Jadi, jika  ingin memasang fitur tambahan pada wordpress Anda tinggal download pluginnya lalu di instal. Sangat berbeda jauh dengan blogspot yang semuanya serba terbatas. Hanya berkisar antara Script HTML yang itu sedikit.

3.Setting atau Pengaturan blognya
Harus diakui jika menggunakan blogspot jauh lebih mudah dan simple penggunaannya. Inilah yang menjadi alasan kenapa lebih banyak pemula senang menggunakan blogger atau blogspot, seperti untuk menambahkan kode dalam html template-nya kita hanya melakukan search dan kodenya bisa langsung ketemu karena semua terhimpun dalam satu halaman kode html saja, sedang wordpress masing-masing dipisahkan satu dengan lainnya antara kode untuk header.php, footer.php, plugin dan lainnya, sehingga untuk mencari pengaturan umum di dalamnya terkadang akan lebih sulit, apalagi kode yang ditampilkan kadang tidak sama ketika kita melihat page info-nya dari browser.

4.SEO
jika kita berbica tentang SEO ini tidaklah bisa dipastikan mana yang lebih baik Blogger atau WordPress. SEO yang diterapkan dalam Blogger maupun WordPress bisa saja masuk ke dalam page pertama oleh Google dan juga bisa bleset tidak masuk dalam page pertama. Masing-masing memiliki pengaruh dalam kualitas SEO sebuah blog.


5.Keterangan Data Statistik kunjungan blog
Ini merupakan salah satu kelebihan menggunakan blogger dimana statistiknya terhubung langsung dengan google karena sama-sama merupakan produk Google langsung. karena data penelusuran di dalam mesin pencari google  langsung dihubungkan dengan blog kita sehingga data lebih akurat dan real time, berbeda dengan wordpress, karena ia tidak punya mesin pencari sendiri sehingga kita diharus menempelkan pflugin statistik sendiri dimana datanya belum tentu akurat karena tidak bisa membaca langsung algoritma dari google.

kesimpulan : semua balik kepada anda mau memilih blogger ataupun wordpress bagi anda yang pemula yang belum faham betul tentang php saya menyarankan anda menggunakan blogger, akan tetapi jika tujuan anda jangka panjang maka pilihlah WordPress mungkin awalnya kita kesulitan tetapi lama kelamaan jika kita sudah paham pasti akan mudah.


baca juga : bagi anda yang suka traveling silahkan mampir ke situs visitgoid disini anda akan mendapatkan informasi tentang tempat-tempat wisata alam, wisata kuliner, wisata budaya dan masih banyak lagi silahkan klik DISINI

sekian dari saya tentang perbedaan blogger dengan wordpress semoga bermanfaat dan membantu anda dalam menentukan memilih blogger atau WordPress di akhir postingan saya mengucapkan Terimakasih.......


2 Komentar untuk "perbedaan blogger dengan wordpress"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel